Kamis, 17 Maret 2011

Cara membuat dual boot Win XP dan Win 7

Membuat dual boot adalah hal yang mudah tapi menakutkan. Disebut menakutkan karena membuat membuat dual boot Win XP dan Win 7 berarti membuat partisi dan bisa membuat data kita hilang akibat partisi tersebut. Mudah juga membuat membuat dual boot Win XP dan Win 7 karena hanya berbekal tahu cara install Windows XP dan Windows 7. Setelah mencari petunjuk di om google tetap saja belum puas dengan cara yang di ajarkan beberapa blog milik tetangga. Dan akhirnya saya coba membuat dual boot Win XP dan Win 7 dengan cara sendiri. Sebelum mulai pastikan BIOS nya bisa baca dua OS ini secara langsung. Atau di seting IDE untuk harddisk SATA. Jika di set ke AHCI hanya bisa boot ke windows 7 saja. Baru kita mulai deh...
Berikut caranya:
  1. Baca bismillah dan berdoa ya.....
  2. Install Windows XP lebih dahulu dan buat partisi C dan sisakan partisi yang belum di buat (unlocated partition) yang nantinya untukWindows 7. Kenapa tidak di bikin langsung...???? karena takutnya bootloader dan ntldr serta beberapa sistem masuk ke dalam D nantinya.
  3. Setelah selesai menginstal XP barulah bikin partition D dengan logikal partition. Jangan lupa buat E juga untuk backup data atau hanya menyimpan data diluar partisi sistem Operating System.
  4. Kemudian masukan DVD Windows 7 ke DVD Drive 
  5. Cari file Setup dan mulai menginstall. 
  6. Karena drive D sudah di format sebelumnya tidak perlu di format, hanya arahkan instalasi ke drive D saja dan lanjutkan proses sampai selesai.
  7. Restart maka akan muncul pilihan boot Windows Old dan Windows 7
  8. Untuk mengedit boot loadernya silakan pakai software EasyBCD dari Windows 7
  9. Hore... berhasil deh...
  10. Enjoy 
Salam dari saya www.maswahyu..web.id / http://wahyusodiq.blogspot.com semoga bermanfaat tips membuat dual boot Win XP dan Win 7.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Posting terbaru

Anda ingin trading dengan modal hanya $1 saja... Silakan daftar di sini maka anda akan dapat $5 gratis Marketiva
Ada kesalahan di dalam gadget ini