Rabu, 20 Juli 2011

Web Browser Grand Prix 5, siapa terbaik dan sang juara ?

Saat ini pilihan untuk browsing atau surfing di internet cukup beragam. Paling tidak ada 5 pilihan utama, yaitu: Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera dan Safari. Mana yang sebaiknya kita pilih untuk dijadikan browser utama ? Sebagai referensi atau panduan, kita bisa melihat melalui Web Browser Grand Prix.
Tomshardware.com, website yang sering mengulas berbagai hal tentang hardware komputer, sejak Maret 2010 yang lalu memulai review atau ulasan 5 web browser terpopuler serta membandingkan kemampuannya satu persatu, kemudian setelah melalui berbagai perbandingan dan uji coba, akan di ambil satu juara atau web browser terbaik. Ulasan dan perbandingan ini di istilahkan dengan Web Browser Grand Prix (WBGP).

Beberapa waktu yang lalu tomshardware sudah sampai pada WBGP edisi ke 5, dan yang dibandingkan adalah 5 web browser terbaru saat itu, yaitu :
Google Chrome 12Mozilla Firefox 5Internet Explorer 9 ( untuk windows vista dan 7 )Opera 11.50Safari 5.05
Pengujian dilakukan pada sistem operasi Windows 7 64bit di komputer desktop dan Windows 7 32 bit di Netbook, dengan server lokal Ubuntu 10.04. Selanjutnya test yang dilakukan sebanyak 37 macam, dengan masing-masing test ada yang dilakukan 1 sampai 5 kali. Beberapa test yang dilakukan antara lain :
Waktu startup antara 1 Tab dan 8 TabLoading ketika membuka web Google, Facebook, Youtube, Yahoo dan MSNTest kecepatan (performa) eksekusi Javascript, Javascript 2D, Flash, Java, Silverlight, WebGL, CSS3, dan juga HTML5Test penggunaan Memory (RAM) komputerSerta berbagai test lainnya, silahkan lihat detailnya di halaman Methodology
Setelah dilakukan berbagai test untuk masing-masing web browser, dan dibandingkan hasilnya, memang tidak ada salah satu yang unggul di semua kriteria yang digunakan. Berikut kesimpulan akhir hasil analisis, masing-masing browser dan pemenang di tiap kategorinya :
Untuk melihat detail masing-masing test yang ditampilkan dalam grafik, silahkan langsung menuju halaman Web Browser Grand Prix 5. Akhirnya, di edisi 5 ini, WBGP memutuskan bahwa sang juara adalah Google Chrome 12.
Setelah Google Chrome menduduki peringkat pertama, selanjutnya peringkat kedua diduduki oleh Internet Explorer 9 baru kemudian di ikuti oleh Firefox 5 (meskipun peringkat 2 dan 3 ini masih bisa menjadi perdebatan). Peringkat terakhir diduduki oleh Safari 5. Dengan adanya grand prix ini, cukup membantu kita untuk memilih web browser utama yang akan kita gunakan. Meskipun kadang banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan untuk memilih web browser.
Informasi selengkapnya : Web Browser Grand Prix 5
View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Posting terbaru

Anda ingin trading dengan modal hanya $1 saja... Silakan daftar di sini maka anda akan dapat $5 gratis Marketiva
Ada kesalahan di dalam gadget ini