Jumat, 23 September 2011

Membuat domain di localhost dengan XAMPP

Saat ini saya akan coba menulis tentang bagaimana cara membuat domain di dalam localhost. Biasanya localhost ini dibuat dari software server seperti xampp, wamp, mySql server, dan lain-lain. Dan pada browser bisa diakses dengan alamat http://localhost atau IP 127.0.0.1 sehingga akan tampil tayangan website local server sesuai dengan software yang digunakan. Dan jika menggunakan XAMPP biasanya langsung didirect ke http://localhost/xampp 
 
Dan jika kita menginstall website offline tinggal membuat folder didalam folder htdocs (jika menggunakan XAMPP lho... )  Contohnya jika kita menginstal joomla dalam (C:\xampplite\htdocs\wahyu ) dengan folder wahyu, maka bisa diakses di http://localhost/wahyu dan tampilah website yang kita bangun.
 

Jadi sebelum kita mulai, matikan dulu Apache dan MySql dengan cara tekan stop di XAMPP Control Panel seperti berikut ini:

Kita akan membuat domain :  http://wahyu.local
 

Langkah-langkahnya :
  1. Domain yang akan kita akses adalah http://localhost/wahyu maka harus terletak pada C:\xampp\htdocs\wahyu
  2. Kemudian klik Start,  Run ( Logo Window dikeyboard + R) dan ketik C:\Windows\system32\drivers\etc\
  3. Setelah terbuka explorernya maka buka file hosts dengan notepad.
  4. Setelah terbuka file hosts.ics (jika  eks tidak dihide) , tambahkan lagi IP "127.0.0.1  wahyu.local" (ingat harus ada spasi antara IP dan domain dan tanpa kutip) dibawah localhost atau boleh juga dihapus. (coba2 aja deh... )
 
5.   Selanjutnya buka file httpd.conf yang ada di C:\xampp\apache\conf\ edit menggunakan notepad lalu tambahkan baris berikut, bisa terlihat pada gambar dibawah ini : 


6.  Selanjutnya, edit juga file httpd-vhosts.conf yang ada di C:\xampp\apache\conf\extra\ edit menggunakan notepad lalu tambahkan baris berikut, bisa terlihat pada gambar dibawah ini :


7.  Sampai disini, silahkan start Service Apache maupun Service Mysql.
8.   Sekarang jalankan browser anda dengan mengetik alamat http://wahyu.local ataupun dengan localhost maka kedua-duanya dapat berjalan bersama-sama dengan masing-masing alamat domain.

    3 komentar:

    E mengatakan...

    Parah banget mlagiatx..
    tu ad yg salah lo.. dtliti dlu.. jgn lngsung dicopas

    Anonim mengatakan...

    ngomongnya ati2 coy,, kalo ngomong baik2 kan,, damai.. zzz...

    btw,, mkasih share nya bro

    Anonim mengatakan...

    Terima kasih Bro Work 1000000000% ane dah coba

    Posting Komentar

     

    Posting terbaru

    Anda ingin trading dengan modal hanya $1 saja... Silakan daftar di sini maka anda akan dapat $5 gratis Marketiva
    Ada kesalahan di dalam gadget ini