Selasa, 08 November 2011

Pengertian Blog


Blog yang bisasanya disebut "web log" adalah bentuk tampilan webstite berupa artikel-artikel atau tulisan yang ditampilkan dalam website pada umumnya. Urutan postingnya biasanya dimulai dari posting terbaru baru ke posting yang lebih lama. Blog yang paling marak saat ini biasanya mengunakan aplikasi Wordpress, Blogger, dan lainnya. Isi dalam blog tersebut selalu membahas secara umum isi blog dan ada yang khusus membahas masalah tertentu saja. Yang membahas hal yang lebih fokus biasanya mempunyai niche yang lebih baik daripada blog yang lebih umum.

Blog pertama-tama dikenalkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh perusahaan Google.com tepatnya tahun 2002 akhir. Setelah itu, banyak aplikasi terbuka (Open Souce) yang bisa digunakan oleh penulis untuk mengembangkan tulisannya.
Fungsi dari sebuah blog itu bermacam-macam. Ada yang berupa catatan harian, kampanye politik, profil perusahaan, untuk menawarkan produk, atau hanya sekedar coretan saja. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis dan ada juga oleh beberapa penulis. Sebagian ada yang memberikan tempat untuk komentar dan sebagian  lagi kurang interaktif. Hal tersebut tergantung kepada kemauan dan kemampuan oleh pemilik blog tersebut dalam mengembangkannya.
Biasanya dalam beberapa situs ada keterkaitan satu blog dengan lainya. Kumpulan keterkaitan tersebut bisa disebut blogosphere. Jika komentar itu semakin besar dalam sebuah topik dan diulang-ulang terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger
Komunitas blogger yaitu sebuah organisasi yang terjadi karena kesamaan dalam hal-hal tertentu, kesamaan bisa terjadi karena daerah, kampus, hobi, atau konten yang hampir sama dalam blog tersebut. Biasanya para anggota komunitas tersebut beberapakali mengadakan pertemuan yang dinamakan KOPDAR (kopi darat). Acara makan-makan bersama untuk menumbuhkan persaudaraan dan membicarakan strategi-strategi ngeblog mereka.

Jenis-jenis blog
Blog politik, Blog pribadi, Blog bertopik, Blog kesehatan, Blog sastraBlog perjalanan, Blog riset, Blog hukum, Blog media, Blog agama, Blog pendidikan, Blog kebersamaan, Blog petunjuk (directory), Blog bisnis, Blog pengejawantahan, Blog pengganggu (spam)

Resiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Posting terbaru

Anda ingin trading dengan modal hanya $1 saja... Silakan daftar di sini maka anda akan dapat $5 gratis Marketiva
Ada kesalahan di dalam gadget ini